Cara Membuat Ayam Panggang Oven

Cara Membuat Ayam Panggang Oven

Cara Membuat Ayam Panggang Oven – Bismillah. Nah qelean syukak ayam ga? Jadi, pada hari ini, akan menulis Cara Membuat Ayam Panggang Oven. Yummy kan?

Ohiya sebelum ke resep, ada informasi nih mengenai ayam untuk qelean. Biar sama-sama belajar hehe.

Baca Juga : Cara Membuat Ikan Tuna Panggang

Nilai Gizi Antara Paha dan Dada Ayam, Mana Lebih Baik?

Manheman pasti tau kalo paha ayam emang lebih murah dan lebih gampang untuk diolah ketimbang dada.

Akan tetapi, dada ayam lebih ekonomis karena qelean bisa mendapatkan lebih banyak daging dan sedikit kulit hehe.

Nah, gimana sih dari sisi kesehatannya? Mari kita kupas satu per satu.

Baca Juga : Cara Membuat Ikan Dori Fillet Panggang

1. Protein

Nah, mau dada atau paha ayam, keduanya merupakan sumber protein hewani yang baik kok.

1 potong paha ayam panggang dengan berat sekitar 85 gram mengandung protein sebesar 21 gr lho.

Nah, sedangkan dada ayam mengandung jumlah protein yang lebih tinggi, yaitu sekitar 25 gr

Artinya, dada ayam mengandung protein yang lebih banyak ketimbang paha ayam manheman.

Tau ga sih manheman kalo asupan protein yang disarankan setiap harinya adalah sekitar 46 gr untuk perempuan dan 56 gr untuk laki-laki.

Protein ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, dan pembentukan massa otot.

Baca Juga : Cara Membuat Tumis Cumi Ring di Rice Cooker

2. Lemak

Nah, perbedaan kandungan gizi pada dada ayam dan paha ayam paling jelas terlihat pada kandungan lemaknya.

Ternyata, dada ayam lebih rendah lemak ketimbang paha ayam.

Jadi, setiap 85 gr dada ayam panggang mengandung 7 gr lemak total dan 2 gr lemak jenuh.

Jumlah ini merupakan 10% dan 9% dari asupan harian yang disarankan.

Nah, sementara itu, paha ayam dengan porsi yang sama mengandung 13 gr lemak total dan 3,5 gr lemak jenuh.

Jadi, jumlah ini tuh setara dengan 20% asupan harian lemak total dan 18% lemak jenuh yang disarankan.

Nah, maka untuk menurunkan kandungan lemaknya, qelean bisa menyingkirkan bagian kulit pada dada dan paha ayam sebelum dikonsumsi ya manheman.

Baca Juga : Cara Membuat Tumis Kangkung di Rice Cooker

3. Kalori

Selanjutnya, perbedaan jumlah kalori dalam dada ayam dan paha ayam juga terlihat cukup timpang lho manheman.

Jadi, setiap 85 gr dada ayam mentah mengandung 170 kalori, sementara pada paha ayam mengandung 210 kalori.

Nah jadi, hal ini menunjukkan bahwa paha ayam mengandung jumlah kalori yang lebih tinggi ketimbang dada ayam manheman. 

Baca Juga : Cara Membuat Salad Sehat dan Murah

4. Kolesterol

Selanjutnya adalah kolesterol. Yup, kandungan kolesterol pada dada maupun paha ayam tergolong sedang.

Setiap 85 gr dada ayam mengandung 70 mg kolesterol atau 24% asupan harian yang disarankan.

Nah, sementara untuk paha ayam dengan porsi yang sama mengandung 80 mg kolesterol, atau 26% asupan harian yang disarankan.

Mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh dapat meningkatkan resiko terjadinya penumpukan plak di pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung lho.

Maka, American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi asupan kolesterol harian sebanyak 200 mg untuk orang dengan penyakit jantung koroner ya manheman.

Baca Juga : Cara Membuat Sarapan Mudah dan Cepat

5. Natrium

Nah selanjutnya, bagian dada dan paha ayam mengandung jumlah natrium yang ga jauh berbeda.

Pada 85 gr paha ayam mengandung 70 mg natrium, sementara dada ayam mengandung 60 mg natrium.

Natrium merupakan mineral elektrolit yang ditemukan secara alami pada makanan.

Nilai harian yang disarankan untuk natrium adalah 2.300 mg untuk orang dewasa sehat dan 1.500 mg untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Natrium memang diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dan kerja otot dalam tubuh.

Akan terapi, hati-hati, jika terlalu berlebihan dapat menyebabkan retensi air sehingga meningkatkan tekanan darah ya manheman. (hellosehat.com).

Baca Juga : Cara Membuat Beef Teriyaki di Rice Cooker

Bahan Membuat Ayam Panggang Oven :

  • Ayam.
  • Bawang Putih (2 siung).
  • Garam Himalaya (Secukupnya).
  • Black Pepper (Secukupnya).
  • Minyak Argan (2 sdm).
  • Mayones (Sesuai selera).
  • Saos Tomat (Sesuai selera).

Baca Juga : Cara Membuat Sup Daging di Rice Cooker

Cara Membuat Ayam Panggang Oven :

  • Ayam di cuci bersih dengan air mengalir ya. Bawang putih juga di cuci ya, tapi kulitnya bawang putih di kupas dulu hehe.
  • Letakan ayam di atas alumunium foil. (Jangan lupa, di bawah alumunium foil ada nampan nya ya).
  • Oles-oles ayam dengan minyak Argan, mayones dan saos tomat.
  • Iris-iris bawang putih dan tabur di atas ayam.
  • Tabur garam Himalaya.
  • Tabur Black pepper.
  • Nah, jika sudah siap, masukan ke dalam oven selama 60 menit dengan suhu 200 derajat dan api dari bawah ya. Setelah 60 menit, keluarkan dari oven dan sajikan deh.

Ohiya, untuk pelengkap, kita pake Barilla Fusilli. Kita masak di Rice Cooker.

Jadi didihkan air di Rice Cooker. Ketika mendidih, masukan Fusilli, garam Himalaya dan minyak Argan secukupnya. Tutup rice cooker dan diamkan hingga 11 menit. Lalu saring. Lalu dihidangkan bersama ayam Panggang oven deh.

Selamat makan! Sebelum makan, jangan lupa cuci tangan dan berdoa ya!

Semangatin carabila.com yuk dengan cara share tulisan ini.

Follow juga yuk instagram @cara.bila.

Ringkasan
recipe image
Nama Resep
Cara Membuat Ayam Panggang Oven
Nama Penulis
Diterbitkan Pada
Waktu Persiapan
Waktu Memasak
Total Waktu
Peringkat Rata-Rata
51star1star1star1star1star Based on 1 Review(s)

2 komentar untuk “Cara Membuat Ayam Panggang Oven”

  1. Ping-kembali: Cara Membuat Dalgona Coffee Sehat | Food | carabila.com

  2. Ping-kembali: Cara Membuat Barilla Farfalle di Rice Cooker | Food | carabila.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *