Cara Membuat STM Orang Asing atau WNA di Polres

Cara Membuat STM Orang Asing atau WNA di Polres

Cara Membuat STM Orang Asing atau WNA di Polres – Bagaimana Cara Membuat STM Orang Asing atau WNA? Berikut adalah pemaparan yang di ambil dari pengalaman Bila sendiri ya. Maaf baru nulis hehe.

Pendahuluan dulu nih ya. Bila kira setelah selesai ngerjain ITAS (Izin tinggal Terbatas) di Kantor Imigrasi untuk bojo ku, tugas ku sudah selesai. Ternyata tydaccc.

Ternyata, juga perlu bikin STM (Surat Tanda Melapor) dan SKTT (Surat Keterangan Tempat Tinggal). Nah pada artikel kali ini, Bila mau tulis Cara Membuat STM dulu ya. Jadi STM ini dibutuhkan untuk pembuatan SKTT.

Dan Bila ngerjain sendirian, pas posisi hamil 7 bulan. Dan bojo, bobo cantik di rumah karena malem nya lembur nyari duit. Dan Bila juga enakan jalan sendiri sih. Jadi sat set gitu hehe.

Mengingat tanggal 1 Desember 2020 kita harus pindah ke Bantul jadi harus ngerjain dengan kilat. (Bila ngerjainnya pas tanggal 25 November 2020 di Polres Metro Bekasi Kota).

Pertama

Langsung aja datengin Polres, terus bilang ke petugas piket mau bikin STM. Ntar diarahin harus ke ruangan Intelkam. Karena mereka yang bikin.

Kedua

Menyerahkan persyaratan. Apa persyaratan membuat STM orang asing?

  • FC Paspor WNA.
  • FC ITAS WNA.
  • FC KK WNI.
  • FC KTP WNI.
  • FC Buku Nikah.

Bila cuma disuruh nyerahin itu aja. Dan semua nya dah Bila bawa dari rumah. Terus dimintain Rp. 100.000 untuk biaya administrasi (kalo ga salah). Terus dapet kertas bukti serah terima, tapi ga ada nominal uang yang Bila kasih. Sempet bingung. Pas di rumah cari tau di Google, dan ternyata ngurusin beginian, sebenarnya gratis. Yaudah lah.

Ketiga

Balik lagi ke ke Polres karena pengerjaannya butuh waktu 2 hari. Jadi Bila langsung balik tanggal 27 November 2020. Bentuk STM nya itu cuma kertas HVS ukuran A5. Nah terus, langsung fotokopi. Terus langsung ke Disdukcapil untuk ngurusin SKTT deh.

Catatan

Sebenarnya, juga ngumpulin Surat Permohonan Perorangan pas ngumpulin berkas. Mungkin karena Bila di mintain duit, jadi nya berkas yang Bila kumpulin cuma itu doang hehe. Tapi coba tanyakan Polres masing-masing daerah persyaratannya apa aja. Takutnya beda.

Semangatin carabila.com yuk dengan cara share tulisan ini.

Follow juga yuk instagram @cara.bila.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *