Cara Pilih Imam Sholat

Cara Pilih Imam Sholat
Img : pixabay.com

Cara Pilih Imam Sholat – Bismillah. Dalam Al-Mu’tamad fii Al-Fiqh Asy-Syafi’i (1:413-418), Syaikh Prof. Dr. Muhammad Az-Zuhaily membahas beberapa syarat seseorang jadi imam.

Baca Juga : Cara Dzikir Setelah Sholat

Syarat Menjadi Imam

Beberapa syarat dari Syaikh Prof. Dr. Muhammad Az-Zuhaily bisa dijadikan ketentuan untuk menjadi imam saat sholat di rumah sebagai berikut:

Baca Juga : Cara Sholat Bagi Orang Sakit

  • Sholat imam harus sah dengan memenuhi rukun juga syarat sah sholat.
  • Imam ga boleh seorang ummi. Sedangkan makmum adalah qari’. Yang dimaksud dengan ummi yakni ga benar dalam membaca surah Al-Fatihah. Baca Juga : Cara Tayamum yang Benar
  • Imam ga boleh wanita dan makmumnya laki-laki. Yang dibolehkan yakni, apabila  imamnya wanita untuk mengimami jamaah wanita. Dimana imam wanita tadi berdiri di tengah jamaah wanita. Imam laki-laki yang bersendirian, boleh juga mengimami banyak wanita. Atau bersama jamaah laki-laki. Posisi jamaah wanita berada di belakang jamaah laki-laki. Jadi, ada kisah bahwa Umar pernah mengimami jamaah wanita dalam sholat tarawih, pada bulan Ramadhan. Catatan: Seorang wanita dimakruhkan berdiri di samping laki-laki dalam sholat. Apabila itu terjadi, sholat laki-laki dan perempuan itu ga batal. Begitu pula, seorang laki-laki dimakruhkan sholat dengan wanita non mahram. Makruh di sini yakni makruh tahrim. Namun sholat keduanya tetap sah. Adapun, apabila seorang laki-laki mengimami istri atau wanita yang masih mahram dengannya, tetap sah, ga makruh.

Baca Juga : Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

Sifat mustahab (yang dianjurkan) untuk imam:

  • Yang didahulukan adalah imam yang fakih (paham hukum sholat) dan yang paling bagus bacaannya.
  • Apabila keduanya sama-sama bagus bacaannya, yang didahulukan yakni yang paling fakih. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh Abu Bakar untuk mengimami sholat, padahal masih ada yang lebih bagus bacaannya dari Abu Bakar dan mereka mengumpulkan Al-Qur’an, yaitu Zaid bin Tsabit, Ubay bin Ka’ab, Mu’adz bin Jabal, dan Abu Zaid. Baca Juga : Cara Sholat Sunnah Rawatib
  • Hendaklah mendahulukan yang lebih tua. Yang dimaksud dengan lebih tua yakni lebih lama dalam berislam. Apabila ada yang lebih tua usia, alan tetapi baru masuk Islam, lalu ada yang muda akan tetapi berislam sejak lama, yang lebih tua ga didahulukan. Kecuali apabila keduanya masuk Islamnya bersamaan, yang didahulukan adalah yang lebih tua.

Baca Juga : Cara Wudhu Sesuai Sunnah Nabi Muhammad Lengkap

Kesimpulannya, yang dipilih jadi imam di rumah adalah:

  • Yang betul dalam membaca surah Al-Fatihah.
  • Imam yang lebih paham hukum sholat lebih didahulukan ketimbang yang bagus bacaannya. Anggota keluarga yang paham sholat bisa jadi ayahnya atau anaknya yang sekolah di pesantren.

Baca Juga : Cara Wudhu Bagi Orang Sakit

Demikian Cara Pilih Imam Sholat.

Sumber : rumaysho.com

Semangatin carabila.com yuk dengan cara share tulisan ini.

Follow juga yuk instagram @cara.bila.

Ringkasan
Cara Pilih Imam Sholat
Nama Artikel
Cara Pilih Imam Sholat
Deskripsi
Cara Pilih Imam Sholat - Dalam Al-Mu’tamad fii Al-Fiqh Asy-Syafi’i (1:413-418), Syaikh Prof. Dr. Muhammad Az-Zuhaily membahas beberapa syarat seseorang jadi imam.
Penulis
Nama Penerbit
carabila.com
Logo Penerbit

4 komentar untuk “Cara Pilih Imam Sholat”

  1. Ping-kembali: Cara Sholat Witir yang Benar - Cara Bila

  2. Ping-kembali: Cara Doa Setelah Witir Lengkap | Islam | carabila.com

  3. Ping-kembali: Cara Sholat Tarawih yang Benar | Islam | carabila.com

  4. Ping-kembali: Cara Dzikir pada Waktu Pagi yang Benar | Islam | carabila.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *