Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Img : pixabay.com

Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap – Bismillah. Berikut adalah Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap.

Thaharah (Bersuci)

Wajib kalo qelean muslim tuh, kalo mau mengerjakan sholat tuh ya kudu bersuci dulu dari hadast besar atau pun kecil.

Nah, sebelumnya Bila udah nulis lho Cara Wudhu Sesuai Sunnah Nabi Lengkap. Klik aja kalo ga percaya hehe. Yuk lanjutkan membaca Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap.

Membuat Sutrah

Disyariatkan bagi setiap muslim untuk membuat Sutrah (memasang penghalang) ketika hendak mengejakan sholat. Walaupun sholat sendirian atau menjadi imam.

Meluruskan Shaff Sholat

Apabila qelean adalah imam, hendaklah menghadap ke arah jamaah lalu menoleh ke kanan dan berkata “istawuu (luruskan)”, lalu menoleh ke arah kiri dan berkata “istawuu (luruskan)”. (Silsilah Ash-Shahihah Al-Mukhtasharah 3955).

Berdiri Menghadap Kiblat

Selanjutnya adalah menghadap kiblat (Muttafaq’Alaih) . Lalu berniat dalam hati. Ga perlu mengucapkan “Ushallii.. “, Karena mengucapkan niat secara lisan adalah perkara bid’ah.

Takbiratul Ihram

Mengucapkan “Allaahu Akbar”, dan dibarengi mengangkat kedua tangan, dengan jari-jari dirapatkan dan telapak tangan dibuka menghadap kiblat. Ujung jari sejajar dengan bahu atau setinggi daun telinga. (Muttafaq’Alaih).

Bersedekap

Selama berdiri tegak, (tangan bersedekap), dan pandangan mata tertuju ke arah tempat sujud. (HR. Al-Baihaqi dan Al-Hakim).

Tangan kanan menggenggam pergelangan tangan kiri atau meletakan telapak tangan kanan di atas tangan kiri.

Membaca Istiftah

Diam beberapa saat untuk membaca doa istirahat (secara pelan/sirr dan tidak terdengar oleh makmum).

Istiftah - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Istiftah - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

Lanjutan : Engkaulah yang maha memberi petunjuk kepada siapa saja yang engkau kehendaki menuju jalan yang lurus. (HR Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi dan yang lainnya).

Membaca Isti’adzah

Membaca doa ta’awwudz dengan mengucapkan :

Istiadzah - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Istiadzah - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

Membaca Basmalah

Membaca Basmalah dengan mengucapkan :

Basmalah - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

Membaca Al-Fatihah

Setelah itu, membaca Al-Fatihah

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ {2} الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ {3} مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ {4} إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ {5} اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ {6} صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضَّآلِّينَ {7}

Segala puji  bagi Allah, Tuhan semesta alam (2) Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (3) Yang menguasai  hari pembalasan (4) Hanya Engkaulah yang kami sembah,  dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan (5) Tunjukilah  kami jalan yang lurus (6) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat (7)

Nabi shallallahu alaihi wa sallam berhenti (HR.Abu Dawud) sejenak di permulaan setiap ayat dan beliau tidak menyambung satu ayat dengan ayat selanjutnya.

Mengucapkan Aamiin

Setelah membaca Al-Fatihah, langsung membaca lafal ‘ta’mim’ secara keras dengan mengucapkan Aamiin.

Para jamaah yang berada di belakang juga mengucapkan nya dengan keras sehingga terdengar jelas dari luar masjid. Diam setelah menyelesaikan bacaan surat ini. Akan tetapi tidak terlalu lama.

Membaca Surat dari Al-Qur’an

Selanjutnya adalah membaca surat-surat yang mudah setelah Al-Fatihah. Nabi shallallahu alaihi wa sallam dalam sebagian besar sholatnya membaca satu surat penuh dalam satu rakaat.

Terkadang beliau membaca satu surat dalam dua rakaat atau terkadang juga sebagian surat dalam satu rakaat.

Beliau berhenti sejenak di awal setiap ayat dan tidak pernah menyambung satu ayat dengan ayat setelahnya.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam selalu membaca surat secara jahr (keras) pada sholat subuh serta dua rakaat pertama sholat magrib dann isya. Beliau membacanya secara sirr pada sholat zhuhur dan ashar.

Seusai membaca surat lantas diam sebentar untuk mengembalikan nafas sebelum melakukan ruku’.

Ruku’

Bertakbir untuk melakukan ruku’ dengan mengangkat tangan sejajar bahu atau setinggi daun telinga.

Perbuatan beliau ini diikuti oleh para makmum yang berada di belakang juga dengan bertakbir dan mengangkat tangan sebelum ruku’.

Gerakan seperti ini dilakukan oleh imam mau pun makmum atau yang mengerjakan sholat sendirian.

Hal ini ditunjukan oleh banyak hadist masyhur sehingga tiada jalan untuk mengingkari nya.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam selama ruku’ membungkukan punggungnya rata dengan kepala. Seandainya ada wadah berisi air diletakkan di atasnya, tidak akan miring atau tumpah.

Beliau juga menyandarkan tangannya dalam kondisi lurus pada lututnya dengan bertumpu kan telapak tangan dan jari-jari nya direnggangkan.

Tangan beliau pun tidak dirapatkan satu sama lain namun agak dijauhkan.

Sekali waktu beliau melakukan ruku’ nya. Beliau mengingkari siapa pun yang ogah-ogahan dalam ruku’. Beliau juga melarang ruku’ dilakukan dengan cepat seperti burung gagak mematuk.

Baca Juga : Cara Sholat Sunnah Rawatib

Selama ruku diperintahkan untuk membaca tasbih :

Ruku - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Ruku - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

Baca Juga : Cara Wudhu Bagi Orang Sakit

Bangkit dari Ruku’

Mengangkat kepala (berdiri tegak) dari ruku’ dengan mengangkat tangan setinggi bahu atau sejajar daun telinga dan mengucapkan :

Bangkit dari Ruku - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Bangkit dari Ruku - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Bangkit dari Ruku - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Bangkit dari Ruku - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

Nabi shallallahu alaihi wa sallam terkadang memperpanjang ruku’ sampai ada yang mengatakan “beliau benar-benar lupa (berdiri)”.

Beliau sangat mengingkari orang yang melakukannya dengan ogah-ogahan dan memerintahkan agar ruku’ dilakukan dengan thuma’ninah serta menghindari tergesa-gesa.

Beliau juga melarang para makmum mengangkat kepala sebelum imam. Dan beliau mengancam siapa saja yang mengangkat kepala mendahului imam, maka wajahnya akan diubah oleh AllahL menjadi wajah keledai (Muttafaq’alaih).

Sujud

Bertakbir lalu menyungkur untuk bersujud (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Khuzaimah). Ga ada riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengangkat tangan sebelum bersujud.

Bahkan, Ibnu Umar mengatakan, “Beliau tidak pernah mengangkat tangan sebelum sujud.” Padahal beliau bisa saja melakukan sekali atau dua kaki untuk menunjukan kebolehannya.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam jika menyungkur untuk sujud, beliau mendahulukan meletakan lututnya sebelum tangannya.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersujud dengan bertumpu kan 7 anggota tubuh yaitu :

  • Wajah.
  • 2 telapak tangan.
  • 2 lutut.
  • 2 ujung kaki.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam menempelkan dahi dan hidung ke lantai. Dan sedikit mengangkat lengan bawah. Menjauhkan lengan atas dari lambung. Menjauhkan perut dari paha. Menjauhkan paha dari betis.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam juga menegakkan kedua telapak kakinya sambil menekuk ujung jarinya sampai menghadap kiblat.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam letakkan tangannya ke lantai sejajar bahu atau sejajar dahi atau sejajar daun telinga. Ketiganya ada dasarnya dalam Sunnah.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam melarang menempelkan lengan bawah ke lantai seperti kebiasaan anjing (Muttafaq’alaih).

Sujud - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Sujud - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

Lanjutan: dan memerintahkan agar dikerjakan dengan thuma’ninah. (HR Abu Ya’la).

Duduk di Antara Dua Sujud

Kemudian Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengangkat kepalanya sambil bertakbir lalu duduk di antara dua sujud (Muttafaq’alaih). Sesekali Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengangkat tangannya bersamaa dengan takbir (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Nabi shallallahu alaihi wa sallam duduk iftirasy dengan meletakkan punggung kaki kiri ke lantai lalu duduk di atas nya. Sedangkan telapak kaki kanannya di tegakkan.

Lengan bawah Nabi shallallahu alaihi wa sallam diletakkan di atas pahanya. Dengan jari-jari di luruskan.

Sesekali Nabi shallallahu alaihi wa sallam duduk iq’a. Yaitu cara duduk dengan menegakkan kedua telapak kaki.

Tidak ada satu riwayat pun yang menyatakan bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah berisyarat dengan telunjuk nya selama duduk di antara dua sujud.

Beliau terkadang membaca doa berikut :

Duduk di Antara dua sujud - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Duduk di Antara dua sujud - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

33. HR Ibnu Majah.

34. HR Abu Dawud dan Al-Hakim.

Sujud ke Dua

Kemudian Nabi shallallahu alaihi wa sallam sujud yang ke dua dengan takbir daan melakukan apa yang di kerjakan pada sujud pertama.

(Demikianlah rakaat pertama telah diselesaikan dengan sempurna).

Bangkit untuk Berdiri

Bertakbir sambil bangkit dengan bertelekan pada dua lutut dan tidak bertelekan pada lantai.

Mulailah mengerjakan rakaat kedua sebagai mana rakaat pertama tanpa takbir atul ihram. Tanpa membaca doa istirahat. Dan tanpa ber ta’awwudz (HR Muslim).

Tidak ada riwayat yang sah dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam tentang duduk sejenah setelah menyelesaikan rakaat pertama dan ketiga. Kecuali di penghujung usia beliau (HR Bukhari dan Abu Dawud). Dalam masalah ini ada beberapa kemungkinan.

Beliau melakukan di rakaat kedua persis apa yang beliau kerjakan di rakaat pertama. Hanya saja lebih sederhana (HR Muslim dan Ahmad).

Selengkapnya tentang Cara Bangkit dari Sujud.

Tasyahud Awal

Nabi shallallahu alaihi wa sallam duduk setelah rakaat kedua untuk membaca tasyahud pertama jika yang dilakukan adalah sholat yang memiliki dua tasyahud. Seperti sholat Zhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Nabi shallallahu alaihi wa sallam duduk iftirasy sebagaimana yang dilakukan antara dua sujud (HR Bukhari).

Lantas membaca doa tasyahud awal :

Tasyahud Awal - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

Sambil mengucapkan doa tersebut, Nabi shallallahu alaihi wa sallam meluruskan telapak tangan kirinya dia atas paha kiri dan jari-jari tangan kanan digenggamkan. Mulai berisyarat dengan jari telunjuk kanan begitu menyebut asma Allah atau saat mengucapkan dua kalimat syahadat.

Terkadang Nabi shallallahu alaihi wa sallam melipat jari manis dan kelingking serta membentuk lingkaran (HR Abu Dawud dan Ibnu Hibban). Dengan mempertemukan ujung jari tengah dengan ibu jari dan mengangkat sedikit jari telunjuk.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam melarang meniru duduknya anjing. Yaitu dengan meletakkan dua pantat dan dua telapak tangan di lantai sambil menegakkan betis sebagaimana kebiasaan anjing (HR Ath-Thayalisi, Ahmad, dan Ibnu Abi Syaibah).

Baca Juga : Cara Mandi Wajib / Janabah Sesuai Urutannya

Bangkit untuk Rakaat Ketiga

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bangkit sambil bertakbir dan mengangkat tangan untuk melaksanakan rakaat ketiga. Ketika bangkit, Nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak bertumpu pada lututnya namun bertumpu pada lantai.

Membaca Al-Fatihah saja tanpa membaca apa pun. Tidak ada riwayat sah dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang menyatakan Nabi shallallahu alaihi wa sallam membaca sesuatu setelah membaca Al-Fatihah pada rakaat ketiga dan ke empat.

Lantas, Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengerjakan rakaat ketiga seperti Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengerjakan rakaat ke empat. Nabi shallallahu alaihi wa sallam memperingan dua rakaat terakhir dibanding dua rakaat pertama.

Tasyahud Akhir

Setelah rakaat ke empat dari shalar Zhuhur, Ashar dan Isya atau rakaat ketiga dari sholat Maghrib atau bahkan rakaat kedua dari sholat Subuh, Sholat Jum’at, atau sholat hari Raya, Nabi shallallahu alaihi wa sallam duduk untuk membaca doa tasyahud akhir.

Yang Nabi shallallahu alaihi wa sallam baca adalah seperti bacaan tasyahud awal dan dilanjutkan dengan bacaan shalawat berikut :

Tasyahud Akhir - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

Terkadang, selama ber tasyahud, Nabi shallallahu alaihi wa sallam duduk tawwaruk (HR Bukhari), yaitu dengan menempelkan pantatnya ke lantai. Menyembulkan telapak kaki kirinya di bawah paha dan betis kanan. Dan menegakkan telapak kaki kanannya. Terkadang Nabi shallallahu alaihi wa sallam juga duduk iftirasy.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam memegang lutut kirinya dengan telapak tangan kiri sebagai tumpuan tubuhnya (HR Muslim).

Membaca Doa Pelindungan

Setelah selesai membaca tasyahud akhir, Nabi shallallahu alaihi wa sallam memohon perlindungan kepada Allah dari 4 perkara. Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengucapkan :

Doa Perlindungan - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Doa perlindungan - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

Salam

Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengakhiri sholatnya dengan mengucapkan salam. Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengucapkan:

Salam - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Salam - Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap

Demikianlah Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap.

Baca Juga : Cara Tayamum yang Benar

Cara Sholat Bagi Wanita

Jadi, wanita kalo mengerjakan sholat itu, sama seperti sholat nya pria.

Kecuali batas aurat berpakaian dan sifat bacaan Al-Quran. Jadi kan kalo pria itu dalam sholat jahriyah harus mengeraskan suara. Nah kalo wanita tetap membaca dengan cara sirr.

Nah, inilah tuntunan lengkap sholat paling mudah yang sesuai tata cara sholat nabi dari takbiratul ihram sampai salam. Setidaknya, telah memenuhi apa yang Nabi Sanadkan :

Sholat lah kalian sebagaimana kalian melihat aku sholat. (HR. Muttafaq’alaih).

Nabi menjelaskan bahwa hiburan Nabi sekaligus istirahatnya adalah Sholat. (HR. An-Nasa’i dan Ath-Thabarani).

Sumber : Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin. Sifat Sholat Nabi Muhammad. 2017. Pustaka Arafah. Solo.

Semangatin carabila.com yuk dengan cara share tulisan ini.

Follow juga yuk instagram @cara.bila.

Ringkasan
Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Nama Artikel
Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap
Deskripsi
Bismillah. Berikut adalah Cara Sholat Nabi Muhammad Lengkap.
Penulis
Nama Penerbit
carabila.com
Logo Penerbit