Menu
Situs Panduan dan Solusi Terkini

Daftar Negara nan Pakai Spyware Pegasus Mata-matai Aktivis

  • Share
banner 468x60

Senin, 26 Juli 2021 10:20
Reporter : Merdeka

banner 336x280
Daftar Negara nan Pakai Spyware Pegasus Mata-matai AktivisIlustrasi hacker. ©Reuters/Kacper Pempel

Carabila.com – Pemerintah otoriter berulang kali ketahuan menargetkan smartphone para aktivis, jurnalis, dan saingan politik dengan spyware Pegasus nan dibeli dari perusahaan Israel, NSO Group.

Alat pengawasan tersebut sering kali menargetkan perangkat iOS dan Android, nan tampaknya tak bisa membendung bahaya tersebut. Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa skala masalahnya rupanya jauh lebih akbar dan memberikan ‘pukulan keras’ terhadap pembuat perangkat teknologi seluler, terutama Apple.

Minggu ini sekelompok peneliti dan jurnalis dunia dari Amnesty International, Forbidden Stories, dan lebih dari belasan organisasi lain menerbitkan bukti forensik bahwa sejumlah pemerintah/negara di seluruh bumi–termasuk Hungaria, India, Meksiko, Maroko, Arab Saudi, dan Uni Arab Emirates–diduga menjadi pelanggan NSO Group.

Mengutip laporan dari Wired, Minggu (25/7), para peneliti mempelajari daftar bocoran 50.000 nomor ponsel nan terkait dengan aktivis, jurnalis, eksekutif, dan politisi nan semuanya merupakan sasaran pengawasan potensial.

Mereka juga memandang secara spesifik 37 perangkat nan terinfeksi atau ditargetkan oleh spyware Pegasus NSO nan invasif. Mereka bahkan membikin instrumen sehingga pengguna memperoleh memeriksa apakah iPhone-nya telah disusupi atau tak.

Baca Selanjutnya: NSO Group Membantah…



Referensi: www.merdeka.com

banner 336x280
banner 120x600
  • Share