Menu
Situs Panduan dan Solusi Terkini

Gempa Sulteng Bermagnitudo 6,3 Dipicu Sesar Misterius

  • Share
banner 468x60

Carabila.com – Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Palu menyatakan gempa Sulteng berkekuatan 6,3 di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah disebabkan karena sesar domestik setempat. Sebelum diperbarui gempa itu disebut bermagnitudo 6,5.

banner 336x280

Meskipun demikian, pihak BMKG belum memberikan nama pada sesar domestik nan mengeluarkan energinya tersebut.

“Ini sesar domestik tapi kami belum tahu detail namanya,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Geofisika Palu Hendrik Leopatty.

Bahkan, kata beliau, dari peta sejarah kegempaan, tetap belum eksis data terkait dengan gempa nan disebabkan sesar domestik ini.

Baca Juga:
Gempa Bumi Sulawesi Tengah, Sejumlah Warga Dikabarkan Mengungsi

BMKG menyebutkan eksis dua kemungkinan terkait jalur sesar domestik tersebut. Pertama, dari terusan Banggai dan kedua sesar tersebut membelah daerah Kabupaten Tojo Una-Una dari selatan ke utara.

“Satu Sulawesi itu eksis sekeliling 48 sesar, nan paling banyak kita, Provinsi Sulawesi Tengah,” katanya

Gempa bumi bermagnitudo 6,3 mengguncang Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Gempa terjadi pada Senin, sekeliling pukul 19.09 Wita dan memperoleh dirasakan hingga di Kabupaten Poso, Parigi Moutong, dan Kota Palu.

“Jangan terpancing isu-isu nan tak benar dan kami harap masyarakat tetap pantau informasi formal dari BMKG,” kata Hendrik.

Wilayah Tojo Una-Una memang diguncang beberapa gempa sejak Senin pagi. Gempa bumi pertama terjadi sekeliling pukul 11.59 Wita dengan magnitudo 5,9 dan terjadi di kedalaman 10 kilometer. Berdasarkan data BMKG, hingga pukul 15.00 Wita sudah terjadi empat kali gempa susulan.

Baca Juga:
48 Gempa Guncang Sumut dan Aceh dalam Sepekan

“Cukup kuat nan barusan terjadi, 6,5 magnitudo,” kata Hendrik seperti dilansir dari Antara.



Referensi: www.bunyi.com

banner 336x280
banner 120x600
  • Share