Menu
Situs Panduan dan Solusi Terkini

Honda Kembangkan Teknologi Navigasi Sepatu buat Tunanetra agar Tidak Terjatuh atau Tersesat di Jalan

  • Share
banner 468x60

TOKYO, iNews.id – Honda Motor Co Ltd mengembangkan sistem navigasi dalam sepatu buat membantu tunanetra melangkah di loka biasa. Langkah tersebut dilakukan Honda dengan membangun startup Ashirase Inc.  

banner 336x280

Teknologi nan dikembangkan Ashirase ialah sistem navigasi dari aplikasi smartphone dan perangkat getar 3D, termasuk sensor mobilitas nan terpasang dalam sepatu. Cara kerja sistem ini ialah ketika sebuah rute diatur dengan aplikasi, perangkat akan bergetar buat menyediakan navigasi. 

Saat penggunanya harus melangkah lurus, perangkat getaran nan berada di bagian ambang kaki akan bergetar dan ketika pengguna mendekati belokan kanan atau kiri, perangkat getaran di sisi kanan atau kiri akan bergetar buat memberi instruksi kepada pengguna. Alat navigasi nan disediakan Ashirase memungkinkan pengguna melangkah lebih kondusif, karena dengan penglihatan nan terbatas, para tunanetra sering menghadapi masalah seperti tersesat atau anjlok. 

“Kecelakaan nan dialami salah esa personil keluarga saya memotivasi saya buat mengambil tindakan mewujudkan mobilitas nan lebih kondusif dan lebih bebas bagi penyandang tunanetra. Kami menyadari akan menghadapi banyak hambatan saat proses pengembangan hingga peluncuran Ashirase. Namun, kami akan mengatasi hambatan tersebut esa per esa dan mengabdikan diri sepenuh hati buat mewujudkan kebebasan mobilitas bagi penyandang tunanetra,” ujar Representative Director of Ashirase Inc, Wataru Chino dalam keterangannya dilansir Rabu (28/7/2021). 

Fitur-fitur primer Ashirase meliputi informasi panduan buat pengguna tunanetra nan dibuat berdasarkan informasi posisi Global Navigation Satellite System (GNSS), adalah sistem penentuan posisi, navigasi, dan masa satelit berdasarkan gerakan kaki pengguna.  

Editor : Dani M Dahwilani



Referensi: www.inews.id

banner 336x280
banner 120x600
  • Share