Menu
Situs Panduan dan Solusi Terkini

Jangan Menantang Maut, Ini Risiko Cornering di Jalan Raya

  • Share
banner 468x60

JAKARTA, carabila.com – Sebuah video diunggah oleh akun Dashcam Indonesia di Instagram memperlihatkan kecelakaan antara motor dan mobil di sebuah tikungan di daerah Cikajang, Garut.

banner 336x280

Motor melangkah dengan cukup kencang dan dengan bergaya miring-miring atau cornering. Namun sayangnya, di tikungan tersebut motor kehilangan grip ban ambang lampau anjlok dan menabrak mobil dari arah berlawanan.

Melihat kejadian tadi, memperoleh dibilang pengemudi mobil sangat apes, sudah mengemudi dengan benar namun malah tertabrak motor nan terjatuh dari arah berlawanan. Semakin jernih kalau bahaya di jalan memperoleh datang dari orang lain.

Baca juga: Sering Disepelekan, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Tranmsisi Cepat Rusak

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email anda.
Daftarkan email

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, kecelakaan memang banyak terjadi di tikungan, hal ini dikarenakan titik buta (blind spot) nan akbar, banyak debu, licin, dan sering digunakan pengendara motor buat cornering.

“Jadi tertib saja tetap kurang, harus ditambah dengan waspada. Artinya, ketika melewati tikungan, harus kurangi kecepatan dan melakukan komunikasi (klakson atau lampu),” ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Ini 10 Mobil Bekas Rp 70 Jutaan, Ada Lancer tiba Accord

Sony menjelaskan, mengurangi kecepatan ialah langkah antisipasi nan dilakukan pengemudi buat meminimalisir risiko kecelakaan.

Selain itu juga memperoleh menjadi bahan pertimbangan pihak kepolisian nan meringankan pengemudi kalau eksis korban.

“Komunikasi seperti klakson dan lampu juga salah esa upaya memberitahukan kepada pengemudi lain bahwa eksis kendaraan dari arah berlawanan,” kata Sony.



Referensi: otomotif.kompas.com

banner 336x280
banner 120x600
  • Share