Menu
Situs Panduan dan Solusi Terkini

Malam-malam Panglima TNI Blusukan ke Bantul, Ada Apa?

  • Share
banner 468x60

Bantul

banner 336x280

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto datang ke Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul, DIY, Sabtu (24/7/2021) malam. Bersama Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, Panglima meninjau Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 (RSLKC).

“Memastikan kesiapan menerima isolasi terpusat. Karena seperti kita ketahui seiring kasus aktif (COVID-19) di Indonesia tetap tinggi,” kata Hadi saat di RSLKC Bantul, Sabtu (24/7/2021) malam.

Hadi mencontohkan, ketika 2 pekan setelah Idul Fitri tahun 2021 kasus aktif COVID-19 naik begitu sigap. Oleh karena beliau berharap hal serupa tak boleh terjadi pasca Idul Adha.

“Dengan pengalaman tersebut kita harapkan setelah Idul Adha ini kasus aktif jangan tiba naik seperti peristiwa Idul Fitri. Karena itu kita harus seiring-sama, seluruh elemen, seluruh komponen tak terkecuali buat seiring-sama bekerja keras menghadapi COVID-19 ini,” ujarnya.

Karena itu, TNI/Polri lanjut melaksanakan tracing, vaksinasi dan pembagian penawar. Selain itu pihaknya telah melaksanakan menyediakan loka isolasi berdikari dan loka isolasi terpusat.

Tracing ialah jadi kunci buat memutus mata rantai penularan COVID-19. Oleh karena itu saya datang ke loka ini buat meyakinkan apakah di setiap Puskesmas sudah eksis tenaga tracing buat menerima informasi, notifikasi dari Dinas Kesehatan ke Puskesmas. Setelah itu akan kita lakukan tracing kontak erat dengan wawancara,” ujarnya.

Setelah 4-5 hari dilakukan PCR karena masa inkubasi itu 4-5 hari, kalau memang positif kita siapkan perawatan sesuai klasifikasinya. Namun kalau tak positif diperbolehkan lagi beraktivitas kembali dengan menerapkan protokol kesehatan secara sangat ketat.

“Untuk itu kesiapan isolasi terpusat seperti di Bambanglipuro ini perlu disiapkan buat menampung masyarakat nan terdampak, bagus ODG (orang dengan gejala) sedang ringan dan berat,” katanya.

“Oleh karena itu pentingnya malam hari ini saya memandang secara langsung isolasi terpusat dan di Bantul ini sudah mempunyai isolasi terpusat bagus tingkat desa maupun tingkat kecamatan. Sehingga kalau terjadi hal nan tak diinginkan memperoleh menampung masyarakat,” lanjut Hadi.

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito mengatakan, bahwa loka isolasi terpusat ini telah memenuhi syarat. Selanjutnya, kata Ganip, keberadaan RSLKC Bantul perlu dilanjutkan.

“Dan kalau eksis hal-hal nan perlu dukungan kami silakan dikomunikasikan,” ucapnya.

(mbr/mbr)

Referensi: news.detak.com

banner 336x280
banner 120x600
  • Share