Menu
Situs Panduan dan Solusi Terkini

PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini 5 Cara Merawat Motor di Rumah : Carabila Otomotif

  • Share
banner 468x60

PEMERINTAH memperpanjang PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021. Artinya masyarakat tetap harus bersabar mengurangi aktivitasnya di luar griya. Sepeda motor maupun mobil akan lebih sering diparkir di griya.

banner 336x280

Agar tetap dalam kondisi prima, motor harus tetap dirawat meski jarang digunakan. Perawatannya memperoleh dilakukan sendiri di griya dengan langkah sederhana.

Baca juga: SIM C Dibagi 3 Golongan Mulai Agustus 2021, Ini Rinciannya

Dilansir dari laman formal Yamaha Bali, Senin (26/07/2021), berikut langkah merawat motor di griya pada saat PPKM Level 4 :

1. Perhatikan kondisi oli dan aki

Untuk menghindari hal-hal nan tak diinginkan perlunya Anda memperhatikan kondisi rona dan volume oli mesin. Jika ditemukan oli berwarna hitam pekat maka segera lakukan penggantian oli.

Selain itu Anda juga memperoleh mengecek tegangan aki. Hal ini bermanfaat buat menghindari malfungsi mesin pada saat motor di starter dan mempertahankan motor selalu siap kapanpun buat dibawa berpergian ke luar griya.

2. Sempatkan masa buat memanaskan motor

Sisikan masa senggang Anda buat memanaskan motor secara berkala. Cukup hanya dengan 5-10 menit dipanaskan buat membikin oli bersirkulasi dalam mesin dan mengurangi keausan pada komponen inti mesin.

Baca juga: Awas Licin! Ini 3 Jenis Ban Motor Paling Aman saat Musim Hujan

Hal ini pastinya rutin dilakukan agar mesin dan aki pada motor Anda selalu dalam kondisi optimal.

3.Periksa tekanan angin ban

Tidak memperoleh dipungkiri bahwa ban nan didiamkan dalam masa lambat, akan berpotensi membikin tekanan angin pada ban berkurang sedikit demi sedikit. Hal itu membikin ban menjadi kempis dan tak memperoleh digunakan.

Maka dari itu periksa tekanan ban motor Anda agar memperoleh terjaga dan memperoleh digunakan dalam keadaan nan mendadak.

4. Rutin memberikan pelumas pada komponen motor

Kondisi motor nan dibiarkan tenang dalam masa lambat tentunya membikin beberapa komponen di dalamnya mengering hingga menjadi seret.

Maka dari itu perlunya buat meluangkan masa memberikan pelumas pada setiap komponen penggerak seperti bearing, leher swing arm. Laher dan as roda.

Ilustrasi

5. Lakukan servis berkala

Motor nan hanya didiamkan didalam griya tanpa dilakukan perawatan bukan termasuk motor nan bagus. Alih-alih membikin kilometer motor rendah, akan tetapi hanya didiamakan di garasi tanpa melakukan perawatan seperti cek dan ganti oli dan memanaskan motor maka nan terjadi motor akan mengalami mogok dan tak memperoleh digunakan.

Maka dari itu selalu jaga kondisi performa mesin kendaraan Anda dengan melakukan servis rutin.

Referensi: otomotif.okezone.com

banner 336x280
banner 120x600
  • Share