Menu
Situs Panduan dan Solusi Terkini

Sering Disepelekan Pemilik Motor, Radiator Juga Perlu Dirawat

  • Share
banner 468x60

JAKARTA, carabila.com – Beberapa pabrikan melengkapi sepeda motor dengan mesin berpendingin cairan alias radiator. Namun, tetap banyak pemilik motor nan abai dengan komponen tersebut.

banner 336x280

Radiator sekarang ini banyak digunakan pada skuter matik (skutik) atau motor sport dengan mesin 150 cc ke atas. Alat ini nan menjaga temperatur mesin tak tiba kelewat panas atau overheat.

Baca juga: Begini Cara Mengisi Air Radiator Mobil nan Benar

“Jika radiator mengalami kerusakan, tak hanya akan overheat saja nan terjadi,” ujar Ade Rohman, Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), dalam keterangan resminya, beberapa masa lampau.

Radiator buat skutik, letaknya kurang menguntungkan karena eksis di bawah nan mudah terkena kotoran. Donny Apriliananda Radiator buat skutik, letaknya kurang menguntungkan karena eksis di bawah nan mudah terkena kotoran.

Saat mesin mengalami overheat, performanya memperoleh menurun. Bahkan, lebih parahnya lagi, memperoleh berpotensi jebol hingga terjadi mogok.

“Dampak lain nan nan ditimbulkan, adalah kerusakan pada Cylinder Comp atau pun bagian lainnya. Oleh karena itu, kondisi radiator ini harus dijaga agar tetap awet dan memperoleh berfungsi secara optimal,” kata Ade.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email anda.
Daftarkan email

Baca juga: Begini Cara Mudah Rawat Radiator Mobil

Pada radiator, menggunakan cairan atau nan normal disebut dengan coolant. Sama seperti cairan lainnya nan digunakan pada motor, coolant pun perlu dilakukan pergantian secara berkala.

Ilustrasi radiator pada sepeda motorDok. AHM Ilustrasi radiator pada sepeda motor

“Periksa secara rutin ketinggian permukaan air coolant di dalam tabung reservoir. Ketinggian air coolant di dalam reservoir harus selalu berada di antara garis upper dan lower,” ujar Ade.

Ade mengatakan, kalau kapasitas air coolant di dalam reservoir tank kurang dari standar, tambahkan cairan spesifik air coolant tiba ke batas garis upper.

Namun, krusial buat memperhatikan kondisi mesin saat akan memeriksa radiator. Suhu mesin harus dalam keadaan dingin. Selain itu, motor juga harus diposisikan tegak dengan standar tengah.

Referensi: otomotif.kompas.com

banner 336x280
banner 120x600
  • Share