Menu
Situs Panduan dan Solusi Terkini

Songsong 5G, XL Axiata akan Memulai Rangkaian Uji Laik Operasi Bulan Depan

  • Share
banner 468x60

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

banner 336x280

Carabila.com, JAKARTA – Operator seluler di Indonesia nan akan memulai diperkirakan akan bertambah lagi jumlahnya. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengkonfirmasi bakal menggelar Uji Laik Operasi (ULO) buat salah esa operator seluler sebelum memulai jaringan 5G. Operator tersebut ialah XL Axiata nan direncanakan melakukan ULO pada 2-4 Agustus 2021.

Atas masa ULO 5G nan telah ditentukan, itu artinya dalam masa dekat XL Axiata akan menyusul dua operator nan sudah menyelenggarakan 5G di Indonesia adalah Telkomsel dan Indosat Ooredoo.

Kepastian ini disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi.

Ia mengatakan, XL Axiata akan memulai rangkaian ULO 5G dengan menggunakan pita frekuensi 1.800 Mhz.

Baca juga: XL Axiata Segera Selenggarakan 5G, Seperti Apa Persiapannya?

“Kementerian Kominfo telah menjadwalkan Uji Laik Operasi (ULO) buat perangkat 5G pada frekuensi 1.800 MHz nan akan digunakan oleh XL Axiata.

ULO akan dilaksanakan pada tanggal 2-4 Agustus 2021 di Kota Depok,” ujar Dedy kepada Tribunnews.com, Senin (26/7/2021).

Namun, penyelenggaraan ULO 5G tersebut akan sangat bergantung pada situasi pemberlakuan PPKM Level 4. Pelaksanaan ULO sangat bergantung pada situasi terkini Covid-19 dan juga keputusan PPKM selanjutnya sebagai upaya pencegahan virus corona.

“Namun, kepastian jadwal penyelenggaraan tersebut bergantung pada aturan PPKM Level 4 nan saat ini sedang beraksi di kawasan Jabodetabek,” tambah Dedi.

Tahapan ULO sendiri merupakan rangkaian sekaligus uji coba buat mengukur kelaikan jaringan baru sebelum digunakan operator seluler. Rangkaian ULO sangat krusial karena denngan begitu memperoleh diketahui apakah teknologi baru tersebut laik dijalankan dan dampak apa saja nan ditimbulkan dalam jaringan 5G.

Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, operator seluler melakukan ULO terlebih dahulu sebelum menghadirkan teknologi terbaru ke publik secara komersial.

Apabila tahapan ULO telah berhasi selesai dilaksanakan, pengujian jaringan generasi kelima oleh operator seluler dinyatakan sukses atau sukses. Selanjutnya, Kominfo akan menerbitkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) sebagai syarat operator buat memberikan layanan 5G ke seluruh pelanggan operator seluler tersebut.

XL Axiata sendiri mempunyai alokasi spektrum di pita frekuensi 900 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz, 1.800 MHz dengan lebar pita 22,5 MHz, dan 2.100 MHz dengan lebar pita 15 MHz. Operator itu juga baru memperluas jaringan Voice over LTE (VoLTE) XL di 224 Kota/Kabupaten nan tersebar di Sumatera, Bangka, Jawa, Madura, Bali, dan Kalimantan.
 



Referensi: www.tribunnews.com

banner 336x280
banner 120x600
  • Share