Menu
Situs Panduan dan Solusi Terkini

Tes Kecepatan Internet, Apa Gunanya?

  • Share
banner 468x60

loading…

banner 336x280

Tes kecepatan internet memperoleh dilakukan menggunakan beberapa aplikasi. Foto: Sindonews/Danang Arradian

JAKARTA – Tes kecepatan internet rupanya sangat krusial dilakukan karena banyak sekali faedah nan memperoleh kita dapatkan.

Seperti namanya, Internet Speed Test atau tes kecepatan internet ialah pengujian buat mengetahui kapasitas maksimal jaringan internet nan kita gunakan. Baik buat mengunggah maupun mengunduh data.

BACA JUGA: Perlukah Berganti Ponsel 5G di 2021?

Nah, nilai rata-rata dari data tersebut dinamakan bandwith. Dengan bandwith, kita memperoleh tahu seberapa sigap atau lambat koneksi internet nan kita gunakan.

Ukuran bandwith biasanya dalam satuan Mbps atau megabyte per second. Jika kecepatan internet 3 Mbps, artinya kecepatan data berpindah ialah 3 megabytes setiap 1 detak.

Apa gunanya mengetahui hal ini? Macam-macam. Misalnya, kita mau mengetahui berapa kecepatan internet di letak tertentu atau loka tertentu. Misalnya di kafe, hotel, atau griya kawan, misalnya.

Setelah kita tahu berapa kecepatan internet nan digunakan, paling tak kita memperoleh mempunyai ekspektasi terhadap kegiatan nan sedang dilakukan. Misalnya ketika butuh internet buat bekerja, download sesuatu, dan lainnya.

Jika kecepatan internet hanya 3 Mbps, misalnya, maka jangan harap buat mengunduh game atau update aplikasi. Karena akan lambat sekali. Kecepatan dibawah 10 mbps hanya nyaman buat kerja-kerja krusial dan seperlunya, seperti mengirim email, chatting, dan lainnya.

Download, Upload, dan Ping
Ada tiga hal primer nan harus diperhatikan dalam melakukan tes kecepatan internet. Pertama ialah download speed (kecepatan mengunduh), upload speed (kecepatan mengunggah), dan ping (jarak masa).

Download speed ialah kecepatan koneksi internet nan kita gunakan dalam mengunduh data. Ini krusial ketika melakukan streaming video hingga bermain game online.

Upload Speed ialah kecepatan nan kita butuhkan buat mengunggah data ke internet. Ini krusial saat kita harus berkirim foto dan video lewat WhatsApp, mengunggah
konten ke YouTube, Instagram, hingga Facebook.

Adapun Ping ialah jarak masa. Tepatnya, jumlah jarak masa nan dibutuhkan jaringan komputer atau ponsel nan digunakan buat memindahkan data. Ping ini biasanya digunakan dalam satuan milidetik. Semakin tinggi milidetiknya, semakin jelek. Misalnya kita bermain game Call of Duty Mobile dengan Ping hingga 100 milidetik, maka game akan terasa lambat, ngelag, dan tak responsif.

BACA JUGA: Membahas Fitur OPPO Reno6 dari A Sampai Z

Nah, situs buat melakukan tes kecepatan internet ialah Speedtest.net nan dikembangkan Ookla usul Montana, Amerika Serikat.

Layanan Speedtest memperoleh digunakan di nyaris seluruh platform, seperti iOS, Android, macOS, Apple TV hingga Windows.

Cara menggunakan speedtest, tinggal akses tautan https://www.speedtest.net. Atau, unduh aplikasinya di ponsel, kemudian klik ‘GO’ nan berada di bagian tengah layar.
Setelah itu tunggu beberapa saat, tiba seluruh hasil kecepatan internet selesai dicek.

(dan)

Referensi: tekno.sindonews.com

banner 336x280
banner 120x600
  • Share