Menu
Situs Panduan dan Solusi Terkini

Waspadai Spyware Pegasus, Pakar Imbau Presiden dan Pejabat Negara Tak Pakai WhatsApp

  • Share
banner 468x60

Bedanya ialah teknik atau metode nan digunakan agar malware tersebut memperoleh menginfeksi korban, serta teknik buat menyembunyikan diri agar tak memperoleh terdeteksi oleh anti virus maupun peralatan keamanan dan juga teknik agar tak memperoleh dilacak.

banner 336x280

“Saat ini sangat susah buat menghindari kemungkinan serangan malware. Pegasus hanya membutuhkan nomor telepon sasaran. Ponsel memperoleh jadi terhindar dari Pegasus kalau nomor nan digunakan tak diketahui oleh orang lain,” kata pria nan menjadi Chairman Lembaga Riset Siber CISSReC ini.

Menurut Pratama, teknik nan digunakan oleh pegasus ini normal disebut dengan “remote exploit” dengan menggunakan “zero day attack.”

Zero day attack merupakan suatu metode serangan nan memanfaatkan lubang keamanan nan tak diketahui, si pembuat sistem sendiri belum mengetahui.

Pratama mengatakan, serangan ini biasanya sangat susah terdeteksi oleh perangkat keamanan, walaupun meski ter-update. Hal ini nan membikin pegasus sangat berbahaya.

“Bila menilik malware Pegasus, cukup dengan panggilan WhatsApp, ponsel penerima sudah terinfeksi, tanpa harus menerima panggilannya. Dengan metode nan sama dan mengirimkan file lewat WhatsApp juga memperoleh menyebabkan peretasan ” kata pria usul Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini.

Pratama menjelaskan, tak hanya aplikasi Whatsapp saja nan memperoleh dimonitor namun seluruh aplikasi nan terinstal di smartphone juga memperoleh dipantau.

Lebih jauh, Pegasus memperoleh mengumpulkan seluruh data ponsel kalau malware sukses ditanamkan.

Referensi: www.liputan6.com

banner 336x280
banner 120x600
  • Share